Rambutan


   Rambutan adalah tanaman yang  berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Indonesia, Thailand, Filipina.

   Pohon rambutan menghasilkan bunga setalah tujuh tahun jika ditanam dari biji, namun dapat berbunga pada usia dua tahun jika diperbanyak secara vegetatif. Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Di Sumatera bagian utara, rambutan dapat berbuah 2 kali dalam setahun. Sedangkan di tempat lain bunga baru muncul setelah masa kering 3 bulan (Jawa dan Kalimantan biasanya bulan Oktober, November).
   

   Buah rambutan memiliki kulit yang berambut diluarnya. Buah rambutan berwarna hijau saat muda, dan berwarna kuning hingga merah saat masak. Bagian buah yang dimakan sebenarnya merupakan salut biji, yang melekat kuat pada kulit luar biji. Buah rambutan biasanya masak pada bulan Desember hingga Maret.

JENIS-JENIS RAMBUTAN

   Ada 22 jenis rambutan, tapi saya akan membahas beberapa jenis rambutan yang digemari orang-orang. Jenis-jenis tersebut diantaranya:

  • Rambutan rapiah : buahnya tidak terlalu lebat tetapi bermutu tinggi, kulit berwarna hijau-kuning-merahdengan rambut agak jarang, daging buah agak kering dan manis, ngelotok, kenyal, dan tebal dengan daya tahan mencapai 6 hari setelah dipetik.
  • Rambutan aceh lebak buluspohonnya tinggi dan lebat buahnya dengan hasil rata-rata 160-170 ikat per pohon, kulit buah berwarna merah kuning, halus,rasanya segar manis-asam banyak air dan ngelotok daya simpan 4 hari setelah dipetik, buah ini tahan dalam pengangkutan.
  • Rambutan Cimacan : kurang lebat buahnya dengan rata-rata hasil 90-170 ikat per pohon, kulit berwarna merah kekuningan sampai merah tua, rambut kasar dan agak jarang, rasa manis, sedikit berair tetapi kurang tahan dalam pengangkutan. 
  • Rambutan Binjai : merupakan salah satu rambutan yang terbaik di Indonesia dengan buah cukup besar, dengan kulit berwarna merah darah sampai merah tua rambut buah agak kasar dan jarang, rasanya manis dengan asam sedikit, hasilbuah tidak selebat aceh lebak bulus tetapi daging buahnya ngelotok.
  • Rambutan Sinyonya : jenis rambutan ini lebat buahnya dan banyak disukai terutama orang Tionghoa, dengan batang yang kuat cocok untuk diokulasi, warna kulit buah merah tua sampai merah anggur, dengan rambut halus dan rapat,rasa buah manisa sam, banyak berair, lembek dan tidak ngelotok.

Maaf bila komentar anda tidak dijawab, karena tidak setiap hari saya memantau blog. Terimakasih.

Previous
Next Post »