Olahraga Softball

Olahraga Softball

Pengertian
Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate. Cabang olahraga Softball boleh dikatakan olahraga yang paling digemari anakanak muda, terutama para pelajar dan mahasiswa. Biasanya pada pemain mempergunakan seragam olahraga yang menarik, dengan disertai teriakan-teriakan istilah bahasa asing ketika mereka sedang bermain. Softball di Indonesia pernah diadakan kejuaraan nasional di Jakarta tahun 1961 dan softball di negara Indonesia dikembangkan melalui “Perserikatan Baseball dan Softball Amatir seluruh Indonesia” PERBASASI.
Teknik Dasar Permainan Softball
Teknik-teknik dasar permainan softball adalah :
  • Melempar bola ( Pitcher ) : dalam melempar bola harus dilakukan dengan cepat dan mengarah pada zona strike. Hal tersebut dilakukan agar pemukul kesusahan dalam memukul bola yang dilempar oleh pitcher.
  • Menangkap bola ( Catcher ) : dalam suatu pertandingan seorang catcher harus mampu menangkap bola. posisi catcher berada di belakang pemukul dalam posisi jongkok.
  • Penjaga ( fielder ) : fielder ini memiliki tugas penting dalam permainan softball. semua fielder berusaha mematikan 3 orang tim lawan agar mendapat giliran memukul. karena run hanya bisa didapatkan dalam posisi menyerang. 
  • Memukul ( Batting ) : dalam melakukan batting kita harus memiliki pukulan yang kuat agar pukulan yang kita lakukan dapat membuang jauh bola. teknik pukulan ada banyak, kita dapat menggunakannya sesuai situasi dan kemampuan. pada saat akan memukul pandangan kita dan pikiran harus konsentrasi penuh agar pukulan mengenai bola.
  • Memegang Stik : pegangan stk sangat menentukan berhasil dan tidaknya gerakan memukul bola. Untuk itu, kayu pemukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan yang rapat atau sedikit jaraknya. Tangan yang di atas segaris dengan pertengahan ruas ketiga pada tangan yang ada di bawahnya.
Peraturan Permainan Softball
a. Lapangan
Lapangan sofball berbentuk segi empat, panjang tiap sisinya 16,76 m, Ukuran lapangan softball adalah sebagai berikut:
1.    Panjang setiap sisinya 16,76 meter.
2.    Jarak dari home base ke tempat pelempar adalah 13,07 meter.
3.    Tempat pelempar berdiri (pitcher plate, berukuran 60 x 15 meter)
4.    Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base. Base terdiri atas base I, II, dan III, sedang base IV langsung tempat untuk memukul (home base). Setiap base terdiri dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, dengan ukuran masing-masing base 38 x 38 cm, dan tebal 5-12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 x 21,5 cm, sisi puncaknya berukuran 30 cm.
5.    Perpanjangan garis dalam home base ke base I dan II disebut garis batas/sector, gunanya untuk menentukan bola itu jatuhnya di dalam atau di luar garis batas.
b. Perlengkapan pemain
1.    Pemain penjaga menggunakan glove (sarung tangan) terbuat daari kulit agak tebal, berukuran 38 x 38 dan beratnya 283 gram, selain itu penjaga belakang menggunakan pelindung muka (face mark) dan pelindung badan (body protektor)
2.    Bola terbuat dari kulit yang di dalamnya terdiri atas campuran gabus dan karet. lingkaran bola 30 cm dan berat bola 190 gram.
3.    Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PB PERBASASI yang panjangnya tidak lebih dari 40 cm.
c. Peraturan permainan softball
1.    Jumlah pemain dalam satu regu terdiri dari 9 orang
2.    Pertandingan dipimpin oleh wasit, disetiap base ditempatkan seorang pembantu wasit (umpire) yang disebut base umpire
3.    Lamanya permainan ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning. Adapun yang dimaksud satu inning adalah setiap regu bermain sekali giliran memukul dan sekali giliran menjaga.
4.    Untuk menentukan siapa yang menjadi regu penjaga (home team/ HT) dan siapa yang menjadi regu pemukul (visiteing team/VT) harus dilakukan undian (toss) dengan uang logam.

Olahraga Softball

Maaf bila komentar anda tidak dijawab, karena tidak setiap hari saya memantau blog. Terimakasih.

Previous
Next Post »