Tips Berbuka Puasa yang Sehat

Ramadhan

   Tips Berbuka Puasa yang Sehat-Beberapa hari lagi bulan puasa akan tiba. Kali ini saya akan membagikan tips berbuka puasa yang sehat. Berbuka puasa kita diperbolehkan makan dan minum. Tetapi kita harus berbuka puasa dengan benar, karena lambung kita tidak terisi makanan dalam waktu lama. Untuk itu kita dapat mengikuti tips berbuka puasa secara sehat berikut ini.

Tips Berbuka Puasa dengan sehat:
1. Berbuka dengan yang manis-manis
   Selama berpuasa tubuh kita kehilangan banyak energi dan kurang nutrisi. Makanan/minuman yang mengandung gula bisa membuat tubuh kita kembali segar. Jika bisa, makanlah buah-buahan yang manis (3 buah kurma) dan minum air putih atau teh manis hangat.

2. Jangan berbuka dengan minuman dingin
   Selama berpuasa tubuh kita terasa hangat, oleh karena itu, jika kita langsung berbuka dengan minuman dingin  pencernaan kita tidak siap. Selain itu, minuman dingin menyebabkan kenyang, dan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas.

3. Makan dengan perlahan
   Makan dengan cepat dapat mengganggu kadar gula dalam darah, sehingga kita merasa lapar dan selalu ingin makan. Otak memerlukan waktu untuk mengirim sinyal kenyang. Makan dengan cepat dapat membuat kekenyangan karena kita memakan lebih banyak kalori. Jika makan dengan cepat, kita bisa menjadi gemuk setelah puasa.

4. Beri waktu untuk makan makanan berat
   Saat berbuka puasa kita ingin memakan segala jenis makanan yang ada. Tetapi kita tidak boleh seperti itu. Lambung kita perlu adaptasi setelah seharian tidak menerima makanan. Jika kita langsung memakan makanan berat lambung kita bisa kaget. Setelah berbuka puasa dengan makanan ringan, kita harus memberi jeda waktu sekitar 15 menit untuk memakan makanan yang berat.

   Seperti itulah tips berbuka puasa dengan sehat. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat.- Tips Berbuka Puasa yang Sehat

Maaf bila komentar anda tidak dijawab, karena tidak setiap hari saya memantau blog. Terimakasih.

Previous
Next Post »